Apa Arti Garis Hitam di Kuku? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Tırnaktaki Siyah Çizgi Nasıl Geçer?

Berikut adalah beberapa penyebab umumnya: Ras: melanonychia lebih sering dialami oleh individu dari ras kulit gelap. Kehamilan: dapat terjadi selama kehamilan. Infeksi jamur: infeksi jamur tertentu bisa menghasilkan melanin yang menyatu dengan lempeng kuku. Kondisi ini lebih sering dialami laki-laki daripada perempuan dan melibatkan kuku kaki.


Cek Kuku Anda, Jika Ada Garis Hitam ini, Bisa Jadi Adalah Tanda Kanker YouTube

6. Skleroderma. Penyebab lain kuku bergaris hitam adalah perdarahan, biasanya terjadi saat pembuluh darah di bawah kuku rusak. Kondisi ini biasanya karena luka-luka, seperti terkena benda tumpul atau karena memukul. Lebih serius lagi, tanda kuku bergaris hitam bisa menunjukkan adanya melanoma, suatu bentuk berbahaya dari kanker kulit.


Apa Arti Garis Hitam di Kuku? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Berikut beberapa penyebab kuku hitam yang perlu Anda waspadai, antara lain: 1. Infeksi. Penyebab kuku hitam yang paling umum adalah infeksi jamur. Jamur mudah tumbuh di tempat yang lembab, salah satunya pada kuku, sehingga bisa menyebabkan kuku Anda menjadi menghitam. Hal ini menyebabkan kuku akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah.


tanda garis hitam di kuku Sean Skinner

Warna kuku lebih mudah terlihat pada awal pemeriksaan fisik. Setelah itu, dokter kulit akan mencoba mendiagnosis penyakit kuku ini dengan didukung oleh dermoskopi. Gambaran dermoskopi dari hematoma subungual meliputi hal-hal sebagai berikut. Warna kuku, yakni kemerahan, ungu, cokelat, atau hitam. Struktur gumpalan dan garis pada kuku.


Apa Arti Garis Hitam di Kuku? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kuku bergaris hitam dapat terjadi akibat berbagai kondisi yang berbeda. Berikut berbagai kondisi yang dapat menjadi penyebab garis hitam pada kuku: 1. Perdarahan Serpihan (splinter hemorrhage) Perdarahan serpihan menimbulkan garis-garis kecil berwarna hitam atau merah tua. Garis tersebut muncul akibat berbagai penyebab, mulai dari yang tidak.


Benarkah Kemunculan Garis Hitam di Kuku Pertanda Kanker Melan GenPI.co SULTRA

Secara umum, garis hitam di kuku disebabkan oleh gejala yang dikenal sebagai melanonychia linier. Menurut National Health Service, garis-garis ini biasanya terjadi pada keturunan Afrika-Amerika yang berusia 20-an dan lebih tua. Melanonychia linier dianggap sebagai variasi warna kuku yang normal. Kondisi ini terjadi ketika pigmen di kuku yang.


Muncul Garis Hitam di Kuku? Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit Serius

Cara Mendiagnosis Garis Hitam di Kuku. Jika beberapa gejala melanoma subungual sudah terlihat jelas, maka kamu perlu penangan dokter agar bisa diatasi sedini mungkin. Terlebih dahulu, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik kuku. Apabila garis hitam di kuku memang diduga melanoma subungual, dokter akan langsung menjalankan penanganan.


5 Penyebab Munculnya Garis Hitam di Kuku

Garis Beau (Beau's line) adalah munculnya lekukan yang melintasi kuku. Lekukan ini muncul ketika pertumbuhan kuku di bawah kutikula terganggu oleh cedera atau penyakit. Bentuk dari garis Beau dapat menyerupai tonjolan yang berkembang di seluruh kuku. Kondisi ini dapat memengaruhi semua kuku atau hanya beberapa kuku saja, seperti pada ibu jari.


kenapa kuku ada garis hitam Andrew Cornish

Walau sangat jarang ditemui, tetapi jangan pernah abaikan garis hitam karena bisa menjadi tanda kanker. Dalam sebuah postingan yang viral di Facebook, Jean Skinner ahli perawatan kuku mengatakan, mendapat klien yang meminta cat kuku berwarna gelap untuk menutupi garis hitam di kukunya. Garis hitam itu vertikal dari kutikula sampai ke ujung kuku.


5 Penyebab Munculnya Garis Hitam di Kuku

Tanda garis hitam di kuku ini biasanya tidak muncul pada semua permukaan kuku jari, melainkan hanya terdapat pada 2-5 buah kuku saja. 2. Perdarahan splinter. Penyebab garis hitam di kuku berikutnya adalah perdarahan splinter. Perdarahan splinter adalah perdarahan yang terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah kuku rusak atau pecah akibat cedera.


garisan hitam pada kuku Christian Alsop

Kemungkinan besar, adanya garis hitam atau cokelat di kuku tersebut adalah melanonychia. Meski kebanyakan tidak menimbulkan sakit, melanonychia harus tetap diperiksakan karena bisa menjadi tanda ancaman kesehatan yang serius. Yuk, simak penjelasan ilmiah tentang melanonychia, tanda di kuku yang bisa mengindikasikan adanya masalah dalam tubuh. 1.


Ada Garis Hitam di Kuku? Mungkin Kamu Mengidap 3 Penyakit Ini

Garis hitam di kuku bisa terjadi karena cedera yang melukai bagian dasar kuku. Saat pembuluh darah di bawah kuku pecah, garis hitam di kuku bisa muncul. Cedera bisa terjadi ketika jari terjepit, menekan sesuatu dengan sangat kencang menggunakan jari, atau jari terbentur permukaan yang keras.


Apa Arti Garis Hitam di Kuku? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Munculnya garis hitam di kuku juga dapat dikaitkan dengan infeksi jamur, bakteri, atau virus yang sedang Anda alami. Beberapa infeksi yang dapat menyebabkan garis hitam di kuku adalah veruka subungual atau kutil di bawah lempeng kuku, onikomikosis atau jamur kuku, dan paronikia kronis. 3. Gangguan autoimun. Adanya kelainan pada sistem kekebalan.


Garis Hitam di Kuku Bukan Memar, Bisa Jadi Tanda Kanker

Beberapa Penyebab Kuku Hitam. Perubahan warna kuku menjadi hitam perlu diwaspadai sebagai gejala dari penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab kuku hitam yang perlu diwaspadai: 1. Infeksi. Kuku hitam dapat disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang menyerang kuku jari tangan, kuku jari kaki, atau kulit di bawah permukaan kuku.


Muncul Garis Hitam di Kuku? Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit Serius

Baca juga: Kenapa Ada Garis Hitam di Kuku? Kenali Beberapa Penyebabnya… Kebutuhan perawatan medis kuku hitam tergantung pada penyebab awal. Tidak semua kasus kuku hitam karena jamur memerlukan kunjungan ke dokter. Namun, jika menderita diabetes, seseorang harus menemui dokter untuk mendapatkan perawatan.


Ada Garis Hitam di Kuku, Ternyata Wanita Ini Mengidap Penyakit yang Mematikan YouTube

Ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi obat-obatan, trauma, penyakit, dan proses penuaan tubuh. Berikut ini ada 9 tanda perubahan kuku yang ada kaitannya dengan indikasi penyakit serius yang perlu kamu waspadai: 1. Kuku Kuning. Umumnya dipengaruhi oleh faktor penuaan dan penggunaan kuteks yang terlalu sering. Atau bisa juga akibat merokok yang.