Sejarah Homo Wajakensis Beserta Ciricirinya (Lengkap)


Millenial Berkarya Tugu Wajakensis Tonggak Sejarah Penemuan Manusia Purba Homo Wajakensis

Humaniora Yuk Mengenal Homo Wajakensis, Sejarah dan Ciri-Ciri Meilani Teniwut 09/11/2022 12:45 Seorang sejarawan menunjukkan fosil yang diduga tulang manusia purbakala di Tulungagung, Jawa Timur. (ANTARA/Arief Priyono)


Ciri Ciri Homo Wajakensis

Adapun ciri-ciri Homo Wajakensis adalah sebagai berikut: Kehidupan Homo Wajakensis Homo Wajakensis dipercaya hidup sekitar 400.000 tahun silam. Homo Wajakensis memang ditemukan di Jawa Timur, namun manusia ini tidak mendiami Indonesia bagian barat saja melainkan juga di wilayah Indonesia timur juga. ADVERTISEMENT


Sejarah Singkat Homo Wajakensis atau Manusia Wajak

Fosil dari manusia purba ini diperkirakan sudah ada semenjak abad 15.000-40.000 tahun sebelum masehi. Sejarah Manusia Homo Wajakensis. Terlihat dari volume otak manusia purba yang sudah hampir menyerupai manusia zaman saat ini. Karena itu diketahui jika manusia purba jenis ini merupakan jenis manusia (Homo), bukan salah satu manusia kera.


CiriCiri Homo Wajakensis, Soloensis, dan Floresiensis Freedomsiana

Berikut ciri-ciri Homo Wajakensis, dikutip dari laman Kemendikbud: Memiliki volume otak sekitar 1630 cc. Memiliki tulang tengkorak, rahang atas-bawah, serta tulang paha dan tulang kering. Muka datar dan lebar. Rahang tergolong padat dan memiliki gigi yang besar. Tinggi tubuh sekira 173 cm. Baca juga: Ratusan Jejak Manusia Purba Ditemukan di Afrika


Penemuan Manusia Purba di Indonesia

Berdasarkan ciri-ciri Homo Wajakensis tersebut, kemungkinan dari ras inilah berasal subras Melayu Indonesia, kemudian dari sanalah berevolusi ras Australomelanesid.Homo Wajakensis ini diperkirakan hidup antara 40.000 hingga 25.000 tahun yang lalu di Asia Tenggara.. Homo Wajakensis ini diperkirakan tidak hanya mendiami Indonesia bagian barat saja, namun juga sebagian Indonesia bagian timur.


Menguak jejak manusia purba pertama di Indonesia, Homo Wajakensis

Apa saja ciri-ciri tersebut? Di bawah ini akan dibahas sejarah penemuan Homo Wajakensis beserta sifat-sifat yang membedakannya dari manusia purba lainnya dan manusia sekarang. Pengertian Manusia Purba Manusia purba atau manusia prasejarah adalah jenis manusia yang hidup pada zaman purbakala. Zaman purbakala adalah periode sebelum adanya aksara.


Ciri Ciri Homo Wajakensis Berbagi Informasi

Jenis & Penyebaran Ras Australoid. Homo wajakensis merupakan salah satu jenis ras Australoid. Fosil yang memiliki banyak kesamaan dan diduga rasnya sejenis ternyata juga ditemukan di Australia (Suku Aborigin), Sarawak (Manusia Niah), dan Filipina (Manusia Tabon). Kendati penemuannya terbatas, penyebaran ras Australoid ternyata lebih luas.


Sejarah Ciri dan Sejarah Homo Wajakensis, Soloensis dan Floresiensis / Sejarah Indonesia YouTube

Terdapat tulang alis yang membujur Memiliki pipi yang menonjol ke bagian samping Mempunyai kapasitas otak +1300 cc dan volume otak berkisar 1350cc sampai 1450cc Memiliki berat badan 30 kg sampai 150 kg Tinggi badan 1,30 m sampai 2,10 m Hidung antara mulut mempunyai jarak cukup jauh Memiliki otot yang kuat dan tulang besar


Sejarah Homo Wajakensis Beserta Ciricirinya (Lengkap)

Ciri khas dari Homo Wajakensis adalah pada bentuk tengkorak yang agak lonjong dengan tulang dahi yang panjang dan agak menonjol ke dalam serta tulang pipi yang menonjol ke arah samping. Jika dilihat dari depan, wajah manusia purba satu ini terkesan datar atau horizontal. Dengan fosil semacam ini dapat diketahui bahwa raut wajah yang tampak dari.


Homo Wajakensis Ciri Ciri, Penemu dan Gambarnya

4 Lihat Foto Fosil-fosil Homo wajakensis (Natural History Museum/Mary Evans) KOMPAS.com - Homo wajakensis merupakan salah satu jenis Homo sapiens yang ditemukan di Indonesia. Manusia purba jenis ini ditemukan pertama kali oleh B. D. van Rietschoten pada 1889 di Desa Wajak, Tulungagung, Jawa Timur.


CiriCiri Homo Wajakensis, Soloensis, dan Floresiensis Freedomsiana

Ciri - Ciri Homo Wajakensis. Ada beberapa ciri - ciri dari manusia purba jenis Homo Wajakensis yang harus diketahui, yaitu: Mempunyai suatu tinggi sekitar 1,30 sampai 2,10 meter. Ada tulang dahi yang panjang. Terdapat bentuk pipi yang menonjol ke samping. Mempunyai kapasitas volume otak sekitar 1350 cm³ sampai 1450 cm³ dan otak sekitar +1.


Sejarah Homo Wajakensis Beserta Ciricirinya (Lengkap)

Berikut ciri-ciri lengkap manusia Wajak, yaitu: Para ahli paleoantropologi akhirnya menarik kesimpulan bahwa ciri-ciri fisik yang dimiliki manusia Wajak memiliki ciri-ciri seperti yang dimiliki manusia dengan ras Australomelanesid. ADVERTISEMENT


Sejarah Fosil Homo Wajakensis Penemu Lokasi Dan Ciri Ciri Tirto Id My XXX Hot Girl

Ciri-ciri manusia purba Meganthropus paleojavanicus antara lain adalah: - Mempunyai geraham yang besar dengan otot kunyah kuat - Tulang pipinya tebal - Kening menjorok ke depan dan tonjolan belakang kepalanya tajam - Belum mempunyai tulang dagu - Memiliki otot tengkuk yang kuat - Badan tegap 2. Homo soloensis


Ciri Ciri Homo Wajakensis Berbagi Informasi

Ciri - Ciri Homo Wajakensis Muka datar dan lebar Hidung lebar dan bagian mulut menonjol Dahi agak miring dan diatas mata terdapat bususr dahi yang nyata Pipi menonjol kesamping Kapasitas otak sebesar 1350 cc - 1450 cc Berat badan 30 - 150 kg Tinggi badan 130 - 210 cm Jarak antara hidung dan mulut masih jauh


CiriCiri Homo Wajakensis, Soloensis, dan Floresiensis Freedomsiana

Manusia wajak mempunyai ciri-ciri baik Mongoloid maupun Austromelanesoid. Makanannya sudah dimasak walaupun masih sangat sederhana. Tengkorak Homo Wajakensis memiliki banyak persamaan dengan tengkorak penduduk asli suku Aborigin di Australia.


Ciri Ciri Homo Wajakensis Berbagi Informasi

Adapun ciri-ciri Homo wajakensis adalah sebagai berikut. Kapasitas tengkorak 1.650 cc. Muka lebar. Hidung lebar tetapi rata. Orbit mata persegi. Rahang bawah dan gigi berukuran besar. Berdasarkan ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan bahwa tubuh Homo wajakensis tinggi, isi tengkoraknya besar, dan dapat dikategorikan ke dalam jenis Homo sapiens.